Return to Artikel

Guru yang efektif

Mengutip pemikiran Davis dan Margareth A. Thomas dalam bukunya Effective Schools and Effective Teachers, Suyanto dan Djihad Hisyam (2000:29) mengemukakan tentang beberapa kemampuan guru yang mencerminkan guru yang efektif, yaitu mencakup :

1. Kemampuan yang terkait dengan iklim kelas :
– memiliki kemampuan interpersonal, khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa, dan ketulusan;
– memiliki hubungan baik dengan siswa;
– secara tulus menerima dan memperhatikan siswa;
– menunjukkan minat dan anthusias yang tinggi dalam mengajar;
– mampu menciptakan atmosfer untuk bekerja sama dan kohesivitas dalam kelompok; melibatkan siswa dalam mengorganisasikan dan merencanakan kegiatan pembelajaran;
– mampu mendengarkan siswa dan menghargai hak siswa untuk berbicara dalam setiap diskusi; dan
– meminimalkan friksi-friksi di kelas jika ada.
2 Kemampuan yang terkait dengan strategi manajemen :
– memiliki kemampuan secara rutin untuk mengahadapi siswa yang tidak memiliki perhatian, suka menyela, mengalihkan pembicaraan, dan mampu memberikan transisi dalam mengajar; serta
– mampu bertanya atau memberikan tugas yang memerlukan tingkatan berfikir yang berbeda.
3. Kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik dan penguatan (reinforcement) :
– mampu memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa;
– mampu memberikan respon yang membantu kepada siswa yang lamban belajar;
– mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban yang kurang memuaskan; dan
– mampu memberikan bantuan kepada siswa yang diperlukan.
4. Kemampuan yang terkait dengan peningkatan diri :
– mampu menerapkan kurikulum dan metode mengajar secara inovatif;
– mampu memperluas dan menambah pengetahuan metode-metode pengajaran; dan
mampu memanfaatkan perencanaan kelompok guru untuk menciptakan metode pengajaran.
Semoga kita menjadi Guru yang Efektif,….

Permanent link to this article: http://sdmuhmadiun.sch.id/?page_id=1119

Leave a Reply

Your email address will not be published.